Bab 5
Sumber Daya Konsumen adalah semua pendapatan
atau kekayaan yang dimiliki seorang konsumen yang bertujuan untuk menentukan
apa yang akan dibeli oleh konsumen (keputusan konsumen). Sumber daya
konsumen terhadap pembelian terkait dengan pendapatan yang didapat setiap
konsumen. Tinggi atau rendahnya pendapatan konsumen, mempengaruhi pengeluaran
mereka terhadap suatu barang.
Terdapat 3 macam sumber daya konsumen yaitu:
1. Sumber
Daya Ekonomi – Uang
Sumber daya Konsumen dipengaruhi oleh potensi
sumber daya ekonomi, atau biasa dikenal dengan potensi ekonomi. Keadaan ekonomi
konsumen sangat mempengaruhi konsumen tersebut dalam mengambil suatu keputusan.
Keputusan konsumen sehubungan dengan produk sangat dipengaruhi oleh
jumlah sumber daya ekonomi yang dimiliki pada saat ini maupun pada masa yang
akan datang. Berikut ini adalah pembagian sumber daya ekonomi (pendapatan)
konsumen, yaitu:
a) Sumber
daya ekonomi individu.
b) Sumber
daya ekonomi keluarga.
c) Sumber
daya ekonomi rumah tangga.
Selain pendapatan, sumber daya ekonomi
lainnya yaitu kekayaan (asset / nilai bersih) dan kredit. Kekayaan seseorang
berkorelasi dengan pendapatan orang tersebut.
2. Sumber
Daya Temporal – Waktu
Waktu menjadi salah satu variabel yang
semakin penting dalam memahami perilaku konsumen. Banyak konsumen yang semakin
mengalami kemiskinan akan waktu, karena kesibukan dalam kegiatan sehari-hari.
Namun demikian ada suatu bagian waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang
sangat peribadi yaitu waktu senggang. Secara historis, anggaran waktu konsumen
dianggap memiliki dua komponen, yaitu waktu kerja dan waktu senggang. Menurut
Lane dan Lindquist, anggaran waktu konsumen terbagi atas:
a) Waktu
yang menghasilkan pendapatan
b) Waktu
terikat (wajib dan non-wajib)
c) Waktu
tidak terikat (terencana dan tidak terencana)
3. Sumber
Daya Kognitif – Perhatian
Sumber daya kognitif menggambarkan kapasitas
mental yang tersedia untuk menjalankan berbagai kegiatan pengolahan informasi.
Karena kapasitas tersebut terbatas, orang harus selektif dalam apa yang mereka
perhatikan dan berapa banyak perhatian dialokasikan selama pengolahan
informasi. Perhatian terdiri dari dua dimensi:
a) Arahan
(direction) menggambarkan fokus perhatian
b) Intensitas
mengacu pada jumlah kapasitas yang difokuskan pada arahan tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar